Laboratorium Bahasa Inggris FISIP
Ditulis pada tanggal 2 September 2015, oleh admin

Standar Operasional Prosedur Laboratorium Bahasa Inggris FISIP UB

PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA INGGRIS

  1. Laboratorium Bahasa Inggris merupakan sarana penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran di FISIP Universitas Brawijaya. Seluruh jurusan dan Prodi di FISIP UB menggunakan Laboratorium Bahasa Inggris untuk menunjang peningkatan kompetensi berbahasa Inggris dan proses belajar mengajar, khususnya mata kuliah Kompetensi Bahasa Inggris.
  2. Dosen dan mahasiswa memasuki Laboratorium Bahasa Inggris dengan cara melepas alas kaki dan meletakkannya pada rak sepatu yang sudah tersedia. Tujuannya agar menjaga laboratorium bahasa tetap bersih dan memberi ruang agar pengguna dapat leluasa berlalu lalang.
  3. Mahasiswa meletakkan tas di samping kursi mereka masing- masing (dibawah) dan mematikan telepon genggam. Tujuannya agar mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.
  4. Mahasiswa menandatangani daftar hadir di buku kehadiran pengguna.
  5. Dosen dan mahasiswa menempati tempat duduk masing-masing. Dosen menempati tempat duduk di depan yang dilengkapi dengan komputer central sedangkan mahasiswa menempati kursi-kursi yang telah disediakan.
  6. Setiap pemakai baik dosen maupun mahasiswa harus bertanggung jawab terhadap peralatan di Laboratorium Bahasa Inggris yang sudah disiapkan oleh Laboran  Laboratorium Bahasa Inggris.
  7. Dosen menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan berdiri di depan kelas (bukan di ruang master lab) sambil memberikan wawasan awal (brainstorming) untuk menjaga sentuhan pribadi dengan mahasiswa dan membuat suasana pembelajaran yang santai serta menyenangkan.
  8. Sistem belajar khususnya untuk mengasah keterampilan listeningstructure dan reading ada dua cara, yakni sistem terpusat dan terpisah.

Sistem terpusat, yakni dosen yang memutar CD di master player komputer dosen yang sebelumnya telah dihubungkan ke speaker dan LCD projector.

Lalu, sistem terpisah, mahasiswa memasukkan CD baik untuk latihan TOEFL, TOEIC maupun IELTS ke CD player yang terintegrasi dengan komputer masing-masing yang tersedia di tiap-tiap meja mahasiswa, dengan cara sebagai berikut:

  • Memastikan tempat CD yang ada dibagian kanan monitor komputer telah kosong dengan cara membuka penutupnya dengan baik dengan tangan kanan
  • Memasukkan cakram disc dengan baik dan hati-hati agar tidak permukaan tidak tergores atau patah.
  • Menutup cover CD player dengan baik.
  • Memastikan CD terbaca oleh komputer.
  • Setelah program yang ada di CD terbaca oleh komputer, mahasiswa dapat memilih bagian mana yang akan dipelajari dengan menekan/memilih tombol menu yang tersedia di komputer.

9. Mahasiswa mendengarkan materi audio dengan cara memasang headset dengan memperhatikan bagian sebelah kiri (L) dan kanan (R) ketika menyematkan di kepala, serta memperhatikan tingkat volume sehingga nantinya dapat digunakan secara berulang-ulang dan ditirukan untuk pembelajaran pelafalan, tekanan, dan intonasi.

10. Mahasiswa menyimak rekaman yang diperdengarkan dengan  penuh konsentrasi serta mencatat hal-hal yang perlu dicatat dan memastikan seluruh proses dilakukan dengan konsentrasi penuh sehingga akan berdampak pada peningkatan standar comprehension skill mahasiswa.

11. Mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen atau yang diinstruksikan dalam rekaman CD dengan cara sebagai berikut:

  • Menirukan ucapan kata-kata, kalimat.
  • Mentransformasikan kalimat.
  • Menyimak wacana audio: monolog, dialog.
  • Menjawab soal-soal.
  • Mendiskusikan isi wacana audio.
  • Memberikan komentar.
  • Mengerjakan tugas individu atau pun kelompok.

12. Dalam mengerjakan tugas-tugas seperti poin no. 11, dosen mengupayakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan serta memberikan instruksi kapan harus menggunakan headset atau kapan harus menanggalkan headset serta berupaya memfasilitasi diskusi.

13. Dosen menutup proses pembelajaran dengan memberikan penjelasan materi pembelajaran pertemuan berikutnya sebelum mengakhiri perkualiahan serta meringkas materi yang sudah diberikan sebelum mengakhiri pembelajaran agar mahasiswa mengetahui dengan jelas apa yang dipelajari dan untuk apa materi tersebut diajarkan.